Blog Details

Mengintegrasikan Prinsip ISO 14001:2015

Mengintegrasikan Prinsip ISO 14001:2015 

5/5 - (1 vote)

Setiap pihak bertanggung jawab dalam menjaga kelestarian lingkungan dari ancaman kerusakan. Seperti memulai perubahan dari diri sendiri dengan melakukan hal-hal kecil yang mendukung keberlangsungan lingkungan.

 

Salah satunya yaitu dengan memperhatikan prinsip-prinsip lingkungan yang berkelanjutan sesuai dengan standar ISO 14001:2015 sebagai salah satu panduan bagi organisasi dalam pengelolaan lingkungan.

 

Dalam penerapannya, mengintegrasikan prinsip-prinsip ISO 14001:2015 meliputi berbagai hal dalam pengelolaan lingkungan, mulai dari perencanaan  pengelolaan limbah, penghematan energi, hingga pematuhan terhadap regulasi lingkungan.

 

Prinsip-Prinsip ISO 14001:2015

Sebagai standar yang berlaku secara internasional, prinsip penerapan ISO 14001:2015 mencakup seluruh aspek lingkungan hidup. Berikut beberapa prinsip ISO 14001:2015 yang dapat diterapkan:

 

1. Perencanaan Lingkungan

ISO 14001:2015 membantu organisasi dalam menyusun perencanaan pengelolaan lingkungan yang tidak memunculkan dampak kerusakan terhadap lingkungan dari kegiatan yang dilakukan. Contohnya dengan meminimalkan penggunaan barang-barang sekali pakai dan beralih dengan menggunakan barang yang dapat didaur ulang.

 

2. Penghematan Energi

Prinsip ISO 14001:2015 selanjutnya yaitu penghematan energi dengan membantu organisasi untuk menggunakan sumber daya energi secara efisien dan mengurangi dampak lingkungan. Seperti dengan meminimalisir penggunaan lampu pada siang hari, dan mengoptimalkan penggunaan peralatan listrik yang tidak digunakan.

 

3. Pengelolaan Limbah

Prinsip ISO 14001:2015 menekankan pengelolaan limbah yang efisien agar tidak menimbulkan pencemaran lingkungan. Hal ini dapat diterapkan dengan memilah sampah dan mengumpulkannya pada tempat yang telah disediakan.

 

4. Pematuhan Terhadap Regulasi Lingkungan

Salah satu prinsip ISO 14001:2015 dalam pengelolaan lingkungan bagaimana memastikan organisasi telah mematuhi semua regulasi dan persyaratan lingkungan yang berlaku. 

 

Baca juga : Seberapa Pentingnya Sertifikasi ISO Bagi Suatu Perusahaan?

 

Integrasi Prinsip ISO 14001:2015

Pada dasarnya penerapan ISO 14001:2015 dapat diintegrasikan dengan prinsip-prinsip lingkungan yang berkelanjutan. Hal ini dapat dimulai dengan mematangkan perencanaan dalam pengelolaan limbah sesuai aturan dan standar yang telah ditetapkan. 

 

Kemudian pada aspek penghematan energi juga dapat diterapkan dengan mematikan lampu dan peralatan listrik yang tidak digunakan, serta mengoptimalkan penggunaan AC dengan menyetel suhu sesuai kebutuhan.

 

Hal lain yang juga dapat dilakukan yaitu dengan mengoptimalkan pengelolaan limbah. Seperti mengurangi penggunaan barang sekali pakai dan beralih kepada barang yang bisa didaur ulang. Prinsip ini juga bisa diterapkan pada pemilihan bahan makanan yang ramah lingkungan sehingga tidak menghasilkan banyak limbah.

 

Baca juga : Pentingnya Standar ISO 9001 untuk Peningkatan Mutu Dunia Pendidikan

 

Kesimpulan

Mengintegrasikan prinsip  ISO 14001:2015 dalam kegiatan sehari-hari dapat memberikan dampak yang besar dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Mulai dari mengoptimalkan pengelolaan limbah, penghematan energi, pemilihan bahan makanan yang ramah lingkungan, dan pengurangan penggunaan plastik dalam kebutuhan sehari-hari. 

 

Penerapan prinsip-prinsip ISO 14001:2015 pada organisasi/perusahaan juga akan  menjadi contoh bagi masyarakat sekitar dalam meningkatkan kepedulian dan tanggung jawab dalam menjaga lingkungan hidup. Sehingga kita dapat bersama-sama membangun dunia yang lebih baik dan berkelanjutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.