q Mengapa ISO 45001 Penting? Manfaat dan Keuntungan bagi Lingkungan Kerja - ICICERT

Blog Details

Mengapa ISO 45001 Penting? Manfaat dan Keuntungan bagi Lingkungan Kerja

Mengapa ISO 45001 Penting? Manfaat dan Keuntungan bagi Lingkungan Kerja

5/5 - (13 votes)

Kecelakaan kerja di dunia industri terkadang masih terjadi di Indonesia yang disebabkan oleh banyak faktor. Untuk mengatasi itu, ISO 45001 dirancang sebagai standar internasional untuk manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerja. 

Penerapan standar ini sangat penting karena memiliki banyak manfaat bagi organisasi dan lingkungan kerja. Lantas apa saja? Simak tentang pentingnya ISO 45001 serta keuntungan yang diberikan lewat penjelasan berikut ini:

 

Apa Itu  ISO 45001?

ISO 45001 adalah standar internasional untuk manajemen keselamatan dan kesehatan kerja (K3) di lingkungan kerja. Standar ini dirancang untuk membantu organisasi, baik besar maupun kecil, dalam mengidentifikasi, mengendalikan, dan mengurangi risiko terkait K3 dalam rangka menciptakan lingkungan kerja yang aman dan sehat bagi semua karyawan dan pihak terkait.

Standar ini bertujuan membuat organisasi mampu memperbaiki kinerja K3 secara proaktif dalam mencegah cedera dan kesehatan buruk. Penerapan standar ini bertujuan mengurangi cedera, kematian, dan penyakit di tempat kerja melalui sistem dan proses manajemen keselamatan yang kuat.

 

Baca juga : Penerapan ISO 45001 dengan Konsep Plan-Do-Chek-Action (PDCA)

 

Pentingnya ISO 45001 bagi Perusahaan

ISO 45001 sangat penting bagi organisasi karena membawa banyak manfaat dan memberikan landasan yang kuat untuk manajemen K3. Standar ini membantu organisasi mematuhi peraturan dan hukum terkait K3 yang berlaku di wilayah mereka. Ini membantu menghindari sanksi hukum dan potensi kerugian finansial yang dapat timbul akibat pelanggaran hukum.

Standar ini menempatkan keselamatan dan kesehatan karyawan sebagai prioritas utama. Dengan menerapkan praktik terbaik K3, risiko cedera dan penyakit akibat pekerjaan dapat dikurangi, dan menjaga karyawan tetap sehat dan selamat. Karyawan yang aman dan sehat pada akhirnya akan berdampak pada peningkatan produktivitas perusahaan.

 

Baca juga : Perbedaan OHSAS 18001 Dengan ISO 45001

 

Manfaat dan Keuntungan ISO 45001 bagi Lingkungan Kerja

Penerapan ISO 45001 memberi sejumlah manfaat dan keuntungan bagi lingkungan kerja, baik karyawan maupun organisasi. Berikut beberapa manfaat dan keuntungan utama ISO 45001 bagi lingkungan kerja:

  1. Peningkatan Keselamatan Karyawan
    ISO 45001 membantu organisasi meningkatkan keselamatan karyawan dengan mengidentifikasi, menilai, dan mengelola risiko yang terkait dengan pekerjaan. Ini mengurangi potensi cedera dan kecelakaan kerja.
  1. Pencegahan Cedera dan Penyakit
    Standar ini menekankan tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko cedera dan penyakit terkait pekerjaan. Standar ini bekerja mengidentifikasi bahaya potensial agar bisa mengambil langkah-langkah untuk menghindarinya.
  1. Peningkatan Kesehatan Karyawan
    Dengan memprioritaskan kesehatan dan kesejahteraan karyawan, ISO 45001 membantu mengurangi risiko penyakit terkait pekerjaan. Karyawan yang lebih sehat cenderung lebih produktif.
  1. Peningkatan Produktivitas
    Lingkungan kerja yang aman dan sehat cenderung meningkatkan produktivitas karyawan. Absensi yang rendah akibat cedera atau penyakit berdampak pada produktivitas keseluruhan.
  1. Penghematan Biaya
    Mampu mengurangi biaya yang terkait dengan kecelakaan kerja, kompensasi pekerja, dan perawatan medis. Selain itu, organisasi dapat menghindari biaya hukum dan sanksi yang mungkin timbul akibat ketidakpatuhan.
  1. Kepuasan Karyawan
    Karyawan yang merasa aman dan terlindungi di tempat kerja cenderung lebih puas dengan pekerjaan mereka. Ini dapat membantu organisasi dalam mempertahankan dan merekrut tenaga kerja yang berkualitas.
  1. Reputasi Lebih Baik
    Menunjukkan komitmen terhadap K3 yang baik dapat meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan, mitra bisnis, dan masyarakat umum. Ini dapat membawa manfaat dalam hal pemilihan pelanggan dan peluang bisnis baru.
  1. Kepemimpinan yang Bertanggung Jawab
    ISO 45001 menekankan pentingnya kepemimpinan yang bertanggung jawab dalam hal K3, mulai dari manajemen tingkat atas hingga manajer di lapangan.
  1. Pemantauan dan Peningkatan Berkelanjutan
    Standar ini mendorong organisasi agar secara teratur memantau kinerja K3 dan melakukan perbaikan berkelanjutan. Ini memastikan bahwa praktik K3 selalu diperbarui dan disesuaikan dengan kondisi yang berubah.
  1. Konsultasi dan Partisipasi Pekerja
    ISO 45001 mengakui pentingnya konsultasi dan partisipasi pekerja dalam pengambilan keputusan K3. Ini menciptakan lingkungan kerja yang inklusif dan memungkinkan karyawan untuk berkontribusi dalam peningkatan K3.

 

Baca juga : Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 45001 ?

 

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas dapat dimengerti begitu krusialnya ISO 45001 bagi perusahaan sebagai standar yang memprioritaskan keselamatan dan kesehatan kerja, menciptakan lingkungan yang lebih aman dan sehat bagi karyawan, dan membawa manfaat yang signifikan.

Dengan menerapkan ISO 45001, perusahaan dapat meningkatkan keselamatan karyawan, mengurangi risiko cedera, menghemat biaya terkait kecelakaan, meningkatkan produktivitas, dan memperkuat reputasi. 

Menerapkan standar ini adalah langkah yang penting untuk mencapai keselamatan yang lebih baik, kesejahteraan karyawan, dan keberlanjutan bisnis. Mari berkomitmen untuk menerapkan ISO 45001 dan menjadikan lingkungan kerja lebih aman dan sehat untuk semua.

Jaminan Keamanan Kerja! Sertai Pelatihan ISO 45001 kami dan perkuat sistem manajemen keselamatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.