Meningkatkan kesadaran kualitas dalam suatu organisasi dimulai dengan manajemen atau pengelolaan sumber daya manusia yang Aterlibat dalam pencapaian kualitas kerja tersebut. Karyawan mungkin tidak tahu apa standar kualitas yang harus mereka penuhi atau mungkin tidak sepenuhnya memahami bagaimana kualitas mempengaruhi kelangsungan bisnis perusahaan. Meningkatkan kesadaran kualitas kepada karyawan dapat dilakukan melalui mendidik karyawan dan menerapkan kebijakan yang memotivasi dan memberdayakan karyawan itu sendiri dalam menjaga kualitas kerjanya.

  1. Membuat Standar.

Jelaskan sasaran mutu perusahaan, merinci tanggung jawab individu karyawan. Misalnya, merancang kebijakan, sasaran dan rencana kerja yang menjabarkan apa yang diharapkan dari masing-masing karyawan dan bagaimana mengukur pencapaiannya. Karyawan juga perlu diberikan arahan berupa standar kerja yang memberi petunjuk langkah-langkah untuk mencapai standar kualitas yang diinginkan

  1. Pertemuan secara teratur

Pertemuan secara teratur membantu menjaga kualitas kerja yang sedang dijalani. Misalnya, manajer melakukan pertemuan (meeting) secara  berkala dengan karyawan untuk membicarakan masalah kualitas. Hal ini memungkinkan manajer untuk mempromosikan kesadaran kualitas dan juga memungkinkan karyawan untuk memberikan umpan balik penting untuk disampaikan ke manajemen kesulitan kerja yang menghambat pencapaian kualitas kerja yang diharapkan.

  1. Jelaskan Kontribusi dan Konsekuensi

Karyawan mungkin tidak mengerti kontribusi pekerjaan mereka dan konsekuensi dari kualitas kerja yang buruk. Manajemen harus dapat menjelaskan bagaimana standar kualitas  kerja yang rendah dapat mengancam keberlangsungan perusahaan dan pekerjaan mereka sendiri. Bersamaan dengan itu perlu pula dijelaskan pentingnya peran dan kontribusi pekerjaan mereka terhadap kesuksesan perusahaan dan peningkatan karir mereka. Untuk mempromosikan kesadaran kualitas, perusahaan dapat menyiapkan sistem penghargaan berupa insentif yang sejalan dengan pencapaian kinerja yang dicapai.

  1. Keterlibatan dan Pemberdayaan

Setiap karyawan pasti memiliki talenta masing-masing yang dapat dikembangkan untuk mendukung pencapaian sasaran organisasi. Beberapa perusahaan kurang memberdayakan karyawan dan melibatkannya dalam menyumbangkan ide-ide perbaikan dan peningkatan di organisasi. Hal ini menyebabkan karyawan kurang memiliki rasa kepemilikan terhadap pekerjaannya, yang berarti kurang pula kesadaran kualitas yang dimiliki. Melibatkan karyawan dalam Small Group Activities (SGA) seperti Quality Control Circle ((QCC) untuk ikut berinovasi dalam peningkatan kualitas dan pencapaian sasaran perusahaan merupakan salah satu langkah yang tepat untuk menumbuhkah rasa memiliki karyawan terhadap pekerjaannya.

Beberapa aktivitas di atas dapat dipertimbangkan untuk dijalankan agar menumbuhkan kesadaran karyawan terhadap kualitas kinerja mereka. Dengan demikian sasaran perusahaan dapat tercapai melalui kolaborasi kontribusi sepenuhnya dari karyawan dan manajemen di organisasi.

Salam Improvement..!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.