Blog Details

Mengenal Manajemen Fasilitas ISO 41000, Manfaat dan Pentingnya bagi Perusahaan

Mengenal ISO 41000

4 Menit Membaca

Suatu organisasi perusahaan harus terus mengikuti tren yang selalu berubah tentang bagaimana dan dimana orang bekerja. Untuk itu, manajemen fasilitas menjadi sebuah aspek penting dari kesuksesan organisasi. Inilah mengapa pedoman internasional menerbitkan ISO 41000 mengenai manajemen fasilitas.

Berkaitan dengan manajemen, operasi, dan pemeliharaan fasilitas organisasi, manajemen fasilitas diperlukan untuk menyeimbangkan kebutuhan dan tuntutan yang berubah dengan cepat dari berbagai pemangku kepentingan dengan kebutuhan bisnis yang efektif, aman, dan berkelanjutan.

Hal ini mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan semua orang yang berhubungan dengan organisasi dan mencakup berbagai bidang, termasuk biaya hunian, penggunaan ruang, pemeliharaan, keamanan, kebersihan, lingkungan dan lainnya.

Untuk mengenal lebih lebih lengkap terkait ISO 41000, berikut penjelasannya:

Mengenal ISO 41000

Pembahasan memfokuskan pada ISO 41001, yaitu tentang Manajemen fasilitas – Sistem manajemen – Persyaratan dengan panduan untuk digunakan. ISO 41001 merupakan inti dari standar 41000 dan titik tolak untuk menerapkan ISO 41000 di organisasi manajemen fasilitas atau facility management (FM) mana pun.

ISO 41001 diterbitkan oleh badan penetapan standar internasional pada Bulan April tahun 2018 ini untuk membantu tim FM mencapai efisiensi optimal.

Seri ISO 41000 terdiri dari standar manajemen untuk memandu penerapan sistem manajemen . Penerapan sistem manajemen adalah cara di mana suatu organisasi mengelola bagian-bagian yang saling terkait dari bisnisnya untuk mencapai tujuannya. Standar ISO 41000 akan membawa manfaat besar dan berkelanjutan bagi pemangku kepentingan FM.

ISO 41001 dapat memandu implementasi dan pengoperasian organisasi FM apa pun dengan ukuran apapun dan dengan cara yang memuaskan, pada tahap apa pun. Untuk memulainya, standar tersebut secara formal mengacu pada Organisasi FM sebagai organ dari setiap perusahaan yang menggunakan fasilitas, yang disebut sebagai organisasi permintaan.

Baca juga : ISO 41001 – Standar Sistem Manajemen Fasilitas baru saja diterbitkan !

Training ICICERT

Organisasi FM mendukung strategi bisnis inti Organisasi Permintaan , membentuk, mengakomodasi, mereformasi, dan selalu mengikuti kebijakan FM sebagai dasar kinerja. Semua organisasi FM yang berkinerja baik melakukan ini, masing-masing dalam konteksnya sendiri.

Manajemen fasilitas mengintegrasikan berbagai disiplin ilmu untuk memiliki pengaruh pada efisiensi dan produktivitas ekonomi, masyarakat, serta cara di mana individu berinteraksi dengan lingkungan binaan. Manajemen Fasilitas mempengaruhi kesehatan, kesejahteraan dan kualitas hidup banyak masyarakat dan populasi dunia melalui layanan yang dikelolanya.

Manajemen Fasilitas memungkinkan sejumlah besar fungsi dukungan untuk dikelola untuk klien baik internal maupun eksternal dengan nilai tambah dan merupakan salah satu aspek budaya yang dapat dipengaruhi secara luas di seluruh dunia.

Pengembangan pasar untuk layanan manajemen fasilitas akan ditingkatkan dengan adanya standar pendukung dan struktur global. Sektor ini mendapatkan manfaat dari dasar umum yang dapat dinilai dan diukur oleh manajemen fasilitas.

Persyaratan untuk Sistem Manajemen Fasilitas

Persyaratan untuk Sistem Manajemen Fasilitas

ISO 41001 menetapkan persyaratan untuk sistem manajemen fasilitas (FM) ketika suatu organisasi:

  1. Perusahaan perlu menunjukkan penyediaan FM yang efektif dan efisien yang mendukung tujuan dari organisasi permintaan.
  2. Perusahaan bertujuan untuk secara konsisten memenuhi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan dan persyaratan yang berlaku.
  3. Bertujuan agar perusahaan dapat bertahan dalam lingkungan yang kompetitif secara global.

Persyaratan yang ditentukan dalam ISO 41001: 2018 adalah non-sektor spesifik dan bertujuan berlaku untuk semua organisasi, atau sebuah bagian daripadanya, baik sektor publik atau swasta, dan terlepas dari jenis, ukuran dan sifat organisasi atau lokasi geografis.

Pentingnya ISO 41001

ISO 41001 sangat penting karena akan membantu organisasi perusahaan dalam beberapa cara dengan menerapkan pendekatan umum dan serangkaian proses yang dapat menjadi rujukan di seluruh dunia.

Setiap perusahaan baik besar atau kecil memiliki beberapa elemen manajemen fasilitas. Ini adalah sebuah bidang yang kompleks yang secara langsung mempengaruhi semua orang, karena itu semua adalah tentang ruang yang ditempati dan bagaimana ruang-ruang tersebut memenuhi kebutuhan orang-orang yang menggunakannya setiap hari.

ISO 41001 adalah standar pertama dari jenisnya untuk manajemen fasilitas dan memiliki potensi untuk membuat perbedaan nyata bagi organisasi dengan meningkatkan kesehatan dan keselamatan tenaga kerja, mengurangi dampaknya terhadap lingkungan dan membuat penghematan biaya dan efisiensi yang cukup besar.

ISO 41001 mampu mengenali ruang lingkup tanggung jawab serta menciptakan struktur manajemen dan sumber daya yang sesuai dengan kebutuhan organisasi. Fokus utamanya adalah menyediakan kerangka kerja dan kriteria yang dapat digunakan untuk mengukur tim manajemen fasilitas sesuai dengan tujuan organisasi.

Manfaat Penerapan ISO 41001 di Perusahaan

Manfaat Penerapan ISO 41001 di Perusahaan

Manajemen fasilitas akan memberikan disiplin profesional yang menyentuh kepada setiap organisasi dan memiliki pengaruh signifikan terhadap bagaimana perusahaan berfungsi di berbagai bidang. Berikut manfaat dari penerapan ISO 41001:

  1. Peningkatan produktivitas, keselamatan dan kesehatan serta kesejahteraan tenaga kerja
  2. Meningkatkan komunikasi persyaratan dan metode antara organisasi sektor publik dan swasta
  3. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas, sehingga meningkatkan manfaat biaya bagi organisasi
  4. Peningkatan konsistensi layanan
  5. Menyediakan platform umum untuk semua jenis organisasi
  6. Memastikan dirinya sesuai dengan kebijakan manajemen
  7. Mendapatkan sertifikasi dari badan sertifikasi yang terakreditasi

Penerapan ISO 41001 akan memungkinkan organisasi untuk memperoleh sertifikasi sebagai pembeda pangsa pasar, membantu organisasi sektor swasta dan publik untuk menetapkan tolak ukur yang mereka harapkan dari mitra pemasoknya yang pada akhirnya akan memberikan keuntungan kepada semua pihak.

Leave a Reply

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.