Blog Details

Pentingnya Penerapan ISO 41001 Standar Manajemen Fasilitas untuk Perusahaan

5 Menit Membaca–

Keberlangsungan bisnis agar berumur panjang menjadi salah satu prioritas utama perusahaan hari ini, untuk tetap bisa mendapatkan pasar di tengah persaingan global. Perusahaan harus pandai memutar otak agar tetap relevan dengan perkembangan bisnis hari ini dan di masa depan.

Keberlangsungan bisnis tersebut dimulai dari internal perusahaan yang solid dan kokoh, baik dari segi SDM ataupun aset operasional. Hal ini juga yang melandasi Organisasi Internasional untuk Standarisasi, atau ISO menerbitkan ISO 41001 terkait standar manajemen fasilitas.

ISO 41001 diterbitkan oleh badan penetapan standar internasional pada April 2018 ini untuk membantu tim manajemen  fasilitas mencapai efisiensi dan hasil optimal. Penerapan sistem manajemen membantu organisasi mengelola bagian-bagian yang saling terkait dari bisnis perusahaan untuk mencapai tujuan. 

Baca juga : Certification of ISO 14001:2015

Apa itu ISO 41001 Standar Manajemen Fasilitas?

ISO 41001 Manajemen Fasilitas yaitu sebuah standar yang fokus dalam mengintegrasikan orang, tempat dan proses dalam membentuk lingkungan yang meningkatkan kualitas hidup orang dan produktivitas bisnis inti.

Ruang lingkup pengelolaan fasilitas dalam ISO 41001 meliputi kegiatan pengadaan, penyimpanan, penggunaan, pengaturan, penyaluran, inventarisasi, pemeliharaan, rehabilitasi dan pemusnahan. Termasuk juga pengelolaan yang dikerjakan oleh pihak eksternal.

Lingkungan yang dimaksud dalam ISO 41001 adalah kumpulan bangunan, lingkungan kerja eksternal, infrastruktur fasilitas dan peralatan serta lingkungan kerja lainnya dalam suatu area. Sedangkan kualitas hidup adalah peningkatan untuk memenuhi standar kesehatan dan keselamatan orang yang bekerja dan yang tinggal di lingkungan bangunan perusahaan. Kemudian, bisnis inti adalah kegiatan utama perusahaan/organisasi seperti komersial, layanan bisnis, layanan medis, layanan pendidikan, pabrik makanan dan produk.

 

Tujuan ISO 41001

Tujuan ISO 41001

ISO 41001 sangat penting diterapkan oleh perusahaan saat ini, karena manajemen fasilitas merupakan bidang yang kompleks dan secara langsung mempengaruhi semua orang. Setiap perusahaan berskala besar atau kecil memiliki beberapa elemen manajemen fasilitas yang ditempati dan harus memenuhi seluruh kebutuhan orang-orang yang menggunakannya. Selain itu, ISO 41001 memiliki tujuan seperti berikut:

  • Mengelola seluruh fasilitas dan aset
  • Perlindungan langsung terhadap fasilitas melalui kualitas layanan pemeliharaan yang baik
  • Memastikan fasilitas dan aset operasional berada dalam kondisi baik dan siap dioperasikan.
  • Menghindari kegagalan operasional yang dapat menyebabkan kerusakan dan kecelakaan yang membahayakan orang lain.
  • Mengurangi downtime fasilitas dan memperpanjang usia penggunaan fasilitas

Manfaat ISO 41001

Manfaat ISO 41001

ISO 41001 dikeluarkan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan pengguna fasilitas, dan memastikan jalannya keberlangsungan bisnis. Berikut adalah manfaat dari penerapan ISO 41001:

  • Peningkatan produktivitas, keselamatan dan kesehatan serta kesejahteraan tenaga kerja
  • Membantu perusahaan dalam menyediakan manajemen fasilitas yang efektif dan efisien untuk mencapai tujuan.
  • Mendorong perusahaan supaya konsisten memenuhi kebutuhan semua pihak dengan ketentuan dan persyaratan yang berlaku.
  • Membantu perusahaan dapat bertahan dalam lingkungan yang kompetitif secara global.
  • Mendapatkan sertifikasi dari badan sertifikasi yang terakreditasi.

Perusahaan-perusahaan besar di Indonesia sudah memiliki kesadaran yang cukup baik terhadap pengelolaan fasilitas ini dengan menerapkan sistem manajemen fasilitas. Beberapa perusahaan bekerjasama dengan pihak ketiga untuk membangun internal yang kokoh baik dari segi SDM atau pun fasilitas/aset.

Baca juga:

Baik atau jeleknya performa perusahaan dapat dimulai dari kondisi dan kualitas di internal. Bila internal perusahaan/organisasi sudah mendapatkan jaminan kenyamanan dan keselamatan maka performa bisnis akan meningkat dengan sendirinya.

 

Leave a Reply

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.