Tahukah Anda, bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan salah satu isu penting yang berkembang sepanjang abad ini? Kita tahu, bahwa degradasi kualitas lingkungan yang terjadi di bumi telah mendorong tercapainya komitmen dari berbagai negara untuk menerapkan program pembangunan berkelanjutan. Artikel ini akan menjelaskan manfaat ISO 14001 yang akan didapat baik oleh perusahaan maupun lingkungan ketika memperoleh sertifikasi ISO 14001.

Ketika perusahaan beroperasi, maka proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan tersebut berpotensi untuk menimbulkan dampak terhadap lingkungan, baik dampak positif maupun dampak negatif. Pada prinsipnya, dampak yang timbul dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu dampak bio-kimia-fisik dan dampak sosial. Contoh dari dampak bio-fisik-kimia misalnya pencemaran air, pencemaran udara, kerusakan keanekaragaman hayati, atau pengurangan cadangan air tanah. Semua jenis dampak ini akan memberikan risiko yang mempengaruhi bisnis yang dijalankan oleh perusahaan.

Saat ini di Indonesia, peraturan terkait lingkungan sedang gencar-gencarnya ditegakkan. Hal ini berdampak pada perusahaan di mana dalam proses bisnis dan produksinya, perusahaan tersebut harus memperhatikan dampaknya terhadap lingkungan. Ada banyak instrumen yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola lingkungan, salah satunya adalah sistem manajemen lingkungan. Sistem manajemen lingkungan (SML) adalah sistem manajemen yang berencana, menjadwalkan, menerapkan, dan memantau kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja lingkungan.

Kesadaran dunia industri akan pentingnya menjaga keseimbangan lingkungan ini menuntut setiap perusahaan untuk dapat menjalankan dan menjaga kinerja lingkungan yang baik. Untuk menunjang hal ini, perusahaan harus menerapkan ISO 14001: 2015. Ketika perusahaan berupaya untuk menerapkan ISO 14001, maka perusahaan tersebut telah memiliki komitmen untuk memperbaiki secara terus-menerus kinerja lingkungannya.

Apakah itu ISO 14001?

Sama seperti standar ISO lainnya, ISO 14001 adalah standar sistem yang diakui secara Internasional untuk sistem manajemen pengelolaan lingkungan. ISO 14001 ini mengatur secara sistematik dan mengelola risiko lingkungan, sehingga dapat mengurangi keluhan masyarakat dan menjaga keseimbangan lingkungan secara komprehensif.

Sertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan terhadap standar ISO 14001 membantu organisasi menunjukkan komitmen berkelanjutan untuk meningkatkan kinerja lingkungan. Standar ini telah ditulis ulang secara komprehensif untuk memastikan bahwa maksud dan tujuannya mendukung perubahan terhadap kebutuhan dunia saat ini, dan merefleksikan lingkungan tempat organisasi beroperasi yang menjadi semakin rumit.

ISO 14001:2015 memberikan penekanan yang lebih besar pada peningkatan kinerja lingkungan yang lebih proaktif, dan menyertakan pengelolaan lingkungan dalam rencana strategis organisasi.

Mengapa Perusahaan Perlu Menerapkan Sistem Manajemen Pengelolaan Lingkungan?

Jawabannya sederhana. Tata kelola lingkungan perusahaan, khususnya pada tingkat manajerial yang baik dapat menjadi kunci utama untuk memajukan perusahaan Anda. Lingkungan tersebut bukan sekadar mempengaruhi pada tingkat internal perusahaan saja, melainkan juga akan mendatangkan dampak positif pada tingkat eksternal dan terutama pada produk yang dihasilkan oleh perusahaan Anda. Jika perusahaan Anda belum menerapkan sistem manajemen pengelolaan lingkungan ini, maka terapkanlah sekarang juga dan rasakan manfaatnya untuk perusahaan Anda.

Manfaat sertifikasi ISO 14001 bagi produsen, adalah sebagai berikut:

  • Mengurangi potensi konflik antara pekerja dengan pengusaha dalam penyediaan lingkungan kerja yang layak dan sehat serta dapat meningkatkan produktivitas pekerja melalui efisiensi waktu dan biaya.
  • Menjembatani pemenuhan peraturan lingkungan dengan lebih terencana dan terstruktur.
  • Penggunaan sumber daya alam yang lebih bijaksana menuju terciptanya eko-efisiensi.
  • Menjaga citra bisnis industri yang selama ini sering dikaitkan secara negatif dengan pencemaran lingkungan

Manfaat sertifikasi ISO 14001 bagi lingkungan, adalah sebagai berikut:

  • Berkurangnya pencemaran lingkungan melalui penurunan penggunaan bahan-bahan kimia berbahaya.
  • Pengurangan limbah berbahaya dan dapat mengurangi gangguan sosial yang berasal dari keberadaan industri itu sendiri misalnya, mengurangi kebisingan, polusi air, polusi udara, kemacetan, dan social responsibility.

Konsep yang digunakan dalam Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001 adalah metode Plan-Do-Check-Act (PDCA) yang diterapkan pada setiap klausul-klausul sehingga menghasilkan perbaikan yang berkelanjutan (continual improvement). Jika Anda membutuhkan informasi terkait konsultasi dan sertifikasi terkait ISO 14001, silakan menghubungi kami.

Sumber: Environment-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.