Manajemen pengelolaan informasi menjadi penting ketika terkait dengan kredibilitas dan kelangsungan hidup orang banyak. Ketika perusahaan menempatkan informasi sebagai infrastruktur kritikal (penting) atau sebagai asset utama bisnis, maka pengelolaan keamanan informasi yang dimiliki akan menjadi prioritas utama demi kelangsungan hidup dan perkembangan perusahaan.

Lantas, mengapa sertifikasi ISO 27001 menjadi pencapaian penting bagi sebuah organisasi, khususnya organisasi yang memegang kendali data kritikal? Berikut 10 alasannya

  1. Mengurangi kemungkinan pelanggaran keamanan di lingkungan IT dimana standar ini sendiri  menyediakan model untuk penetapan, penerapan, pengoperasian, pemantauan, pengkajian, pemeliharaan  informasi dan seluruh infrasturuktur atau sistem sarana dan prasarana yang berkaitan langsung dengan pertukaran atau penyimpanan data atau informasi penting tersebut.
  2. Menunjukkan komitmen kerahasiaan data
  3. Meminimalisir resiko dan konsekuensi yang berdampak pada biaya yang harus dikeluarkan apabila terjadi bencana atau ancaman.
  4. Menjadi competitive advantage atau nilai tambah bagi organisasi atau bahkan diferensiasi sehingga dapat memberi pengaruh positif dalam hal citra perusahaan, nilai, dan persepsi yang baik dari pihak lain.
  5. Meningkatkan kepercayaan pelanggan, pihak ketiga, dan seluruh stakeholder yang ada terhadap pelayanan yang diberikan melalui organisasi.
  6. Dengan sertifikasi ISO 27001, itu artinya sebuah organisasi telah menunjukkan tata kelola yang baik dalam penanganan informasi dan dianggap telah sesuai dengan peraturan hukum dan undang-undang yang berlaku dalam suatu negara. Misalnya, UU ITE dan Permen Kominfo no 4 tahun 2016 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Informasi.
  7. Salah satu standar pengamanan informasi yang diakui di seluruh dunia dan dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen atau framework tata kelola lainnya seperti ISO 9000, ISO 14000, ISO 20000, ISO 38500, ITIL, COBIT dll.
  8. Membantu organisasi mendeteksi celah kerentanan yang dapat mengancam kebocoran informasi.
  9. Membuat pelaksanaan setiap proses menjadi lebih sistematis dan merubah budaya kerja organisasi. Ini adalah tujuan hakiki dari sebuah sistem manajemen.
  10. Menjadi lebih mudah bagi organisasi karena  memiliki kontrol terkait keamanan informasi terhadap lingkungan dan  proses bisnis.

Tentu masih banyak lagi manfaat yang akan diterima oleh organisasi yang menerapkan dan mensertifikasi dirinya dengan ISO 27001, bahkan dengan 10 alasan ini saja,  organisasi sudah dapat melihat betapa pentingnya informasi bagi keberlangsungan organisasi, terlebih di era kemajuan teknologi dan informasi saat ini dan tentunya alasan-alasan ini dapat menjadi acuan  pengambilan keputusan untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang dengan mendapatkan pengakuan bahwa organisasi Anda layak dalam mengolah aset berharga ini.

Sekarang saatnya  bagi organisasi Anda mendapatkan sertifikat ISO 27001: 2013 bersama ICICERT

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.