Blog Details

Menjadi Auditor Andal Lewat Training Lead Auditor

10 Menit Membaca–

Mengikuti Training Lead Auditor merupakan jalan yang harus dilewati bagi Anda yang memiliki keinginan menjadi seorang auditor ISO. Lewat pelatihan ini Anda akan memahami apa yang dimaksud dengan ISO dan dapat melakukan audit di sistem manajemen ISO.

Training atau pelatihan merupakan cara untuk memenuhi syarat sebagai Auditor Utama. Menjadi auditor yang memimpin bekerja dengan sukses sangat tergantung pada teknik pelatihan yang diikuti seseorang. Pelatihan yang yang berhasil adalah yang dibuat khusus sesuai dengan harapan Anda dan memenuhi kriteria untuk menjadi auditor yang berkualitas.

Ikuti tulisan ini untuk mengetahui lebih lengkap tentang Training Lead Auditor.

Apa Itu Training Lead Auditor?

 

Apa Itu Training Lead Auditor?

Training Lead Auditor (pelatihan pemimpin auditor) merupakan pelatihan yang bertujuan agar lead auditor memiliki kemampuan dasar untuk mampu melakukan proses audit yang dapat dimulai dari pemrograman audit, persiapan audit, menerapkan prinsip, pelaksanaan audit hingga tindak lanjut hasil audit.

Baca juga :

Seorang lead auditor harus menguasai pemahaman tentang persyaratan ISO yang merupakan poin penting. Oleh karena itu pelatihan dimulai dengan menguasai pemahaman dari setiap klausul ISO. Sertifikasi lead auditor diterbitkan oleh IRCA (International Register of Certified Auditor) dan trainer yang menambahkan materi pelatihan harus seorang yang juga sudah di sertifikasi sebagai Trainer Lead Auditor dan memiliki gelar Certified Lead Auditor (CLA).

Training Lead Auditor berkaitan dengan penguasaan pemahaman tentang ISO. Ada banyak training yang dapat Anda ikuti, misalnya saja Training ISO 9001, ISO 27701, ISO 27001, dan ISO lainnya. Selama mengikuti pelatihan Anda akan diberikan pengetahuan, kemampuan perencanaan, dan pelaksanaan audit sesuai dengan proses sertifikasi yang dipilih.

Berapa Lama Proses Training Lead Auditor?

 

Berapa Lama Proses Training Lead Auditor?

Pelatihan lead auditor secara umum berlangsung selama lima hari. Pada dua hari pertama pelatihan lead auditor peserta akan fokus membahas tentang klausul-klausul standar ISO. Pada bagian ini bakal menjelaskan secara rinci apa-apa saja hal yang berkaitan dengan implementasi klausul-klausul dan apa yang harus diperiksa untuk memastikan klausul diterapkan secara efektif.

Kemudian, pada dua hari selanjutnya akan fokus dengan materi bagaimana cara melakukan audit. Cara mengaudit ini termasuk pembukaan saat audit, kemudian perencanaan audit, persiapan audit, pelaksanaan audit, penutupan rapat, pencatatan ketidak sesuaian, pelaporan hasil audit dan tindak lanjut yang akan dilakukan setelah audit.

Pada bagian ke 2, pelatihan ini akan mencakup latihan bermain peran yaitu bagaimana para peserta pelatihan mendapatkan pengalaman dalam audit dan untuk mengidentidikasi temuan – temuan saat audit. pada bagian ini berdasarkan ISO yaitu Pedoman untuk mengaudit sistem manajemen, yang dapat memberikan panduan dalam mengaudit sistem manajemen, termasuk prinsip – prinsip audit, pengelolaan program audit, dan audit sistem manajemen, serta panduan evaluasi kompetensi individu yang terlibat dalam proses audit. Termasuk orang yang mengelola program audit, auditor dan tim audit.

Pada hari terakhir ditutup untuk menunjukkan bahwa semua peserta pelatihan telah benar-benar memahami informasi yang disajikan, serta mencakup hal-hal seperti ketidaksesuaian dari data yang ada dan menjelaskan tindakan korektif.

Tujuan Lead Training Auditor

 

Tujuan Lead Training Auditor

Mengikuti Lead Training Auditor memiliki sejumlah tujuan yang hendak dicapai, yaitu:

  1. Lead auditor bisa memahami filosofi dari proses pendekatan.
  2. Peserta mampu membangun sebuah Sistem Manajemen Mutu yang efektif dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki untuk menilai dan melaporkan proses pelaksanaan yang sesuai dan efektif.
  3. Peserta dapat mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit oleh pihak kedua atau pihak ketiga.
  4. Lead auditor mampu engembangkan keterampilan untuk menjadi Management Representative (M.R)/ Koordinator ISO yang sukses dan mengembangkan teknik melakukan interogasi.

Manfaat Training Lead Auditor

 

Manfaat Training Lead Auditor

Ada pun manfaat atau keuntungan yang bisa didapatkan dari Training Lead Auditor, yaitu:

  1. Peserta mendapatkan sertifikat sebagai lead auditor yang di akreditasi oleh IRCA. Sertifikat ini diakui secara internasional, dan menjadi jalan pembuka untuk masuk ke dunia sertifikasi.
  2. Seorang lead auditor pemegang sertifikat IRCA bisa menjadi instruktur profesional dalam berbagai event pelatihan yang berhubungan dengan ISO dan turunannya di mana pun di seluruh dunia.
  3. Seorang lead auditor IRCA bisa memberikan jasa konsultasi bagi lembaga atau organisasi yang ingin memperoleh sertifikasi ISO.
  4. Seorang lead auditor bisa juga digunakan keahliannya oleh Badan Sertifikasi Internasional bila mereka membutuhkan tenaga outsource untuk melakukan certification audit sesuai dengan keahlian anda.

Menjadi Auditor Andal Lewat Training Lead Auditor

Dari penjelasan di atas dapat dipahami seputar Training Lead Auditor. Menjadi auditor yang andal sangat penting karena demua perusahaan saat ini membutuhkan fungsi auditor untuk mengevaluasi apakah proses operasionalnya sudah sesuai dengan yang mereka inginkan atau tidak.

Baca juga :

Menjadi seorang auditor yang andal tentunya menjadi profesi yang sangat dibutuhkan saat ini. Bagi Anda yang sedang membutuhkan jasa Traning Lead Auditor dapat menghubungi kami dengan cara klik link di sini. 

Leave a Reply

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.