Penjelasan Daftar Periksa Audit ISO 9001

Penjelasan Daftar Periksa Audit ISO 9001

Apa itu Daftar Periksa Audit ISO 9001?

Perlu ada penjelasan lengkap tentang daftar periksa audit ISO 9001 agar tidak gagal fokus dalam memahami ISO,  daftar periksa audit ISO 9001 adalah elemen kunci dalam merencanakan dan melaksanakan audit proses, yang merupakan persyaratan standar ISO 9001. Daftar periksa untuk setiap audit mutu internal terdiri dari serangkaian pertanyaan yang diturunkan dari persyaratan standar sistem manajemen mutu dan dokumentasi proses apa pun yang disiapkan oleh perusahaan. Daftar periksa dibuat pada langkah kedua dan digunakan pada langkah ketiga dari Lima langkah utama dalam Audit Internal ISO 9001.

Persiapan Daftar Periksa Audit ISO 9001 Sebagai bagian dari persiapan audit mutu internal, auditor ISO 9001 akan meninjau persyaratan ISO 9001 dan dokumentasi proses yang ditetapkan oleh perusahaan untuk proses yang akan diaudit. Meskipun mungkin bermanfaat untuk menggunakan templat daftar periksa audit saat mempersiapkan audit, penting untuk memastikan bahwa daftar periksa disesuaikan dengan proses organisasi, dan itu bukan proses umum. Jadi, langkah-langkah membuat daftar periksa audit akan meninjau standar ISO 9001, dan kemudian membuat pertanyaan untuk diajukan saat meninjau catatan dan personel proses. Tujuannya adalah untuk menemukan bukti bahwa proses tersebut memenuhi persyaratannya sendiri.

Sebagai contoh, klausul ISO 9001 untuk masukan tinjauan manajemen mengharuskan tinjauan manajemen mencakup:

  • informasi hasil audit,
  • Timbal balik pelanggan,
  • kinerja proses dan kesesuaian produk,
  • status tindakan perbaikan dan pencegahan,
  • tindak lanjut dari tinjauan manajemen sebelumnya,
  • perubahan yang dapat mempengaruhi sistem manajemen mutu, dan
    rekomendasi untuk perbaikan.

Jika proses perusahaan mengharuskan tinjauan manajemen menghasilkan risalah rapat sebagai catatan, maka daftar periksa audit internal dapat meminta auditor untuk meninjau risalah rapat dan mempertanyakan bahwa setiap informasi masukan disajikan kepada rapat tinjauan manajemen untuk penilaian.

Karena ini hanya akan menjadi satu pertanyaan pada daftar periksa untuk meninjau proses tinjauan manajemen, daftar periksa audit ISO 9001 akan berisi banyak pertanyaan yang diperlukan untuk menilai proses.

Menggunakan Daftar Periksa Audit ISO 9001

Untuk mengaudit ISO 9001, auditor akan menggunakan daftar periksa yang dibuat dan mencari bukti bahwa proses yang diaudit memenuhi persyaratan proses yang ditentukan. Di mana dokumentasi proses tidak ada, seringkali relevan untuk menggunakan persyaratan standar ISO 9001, dengan fokus pada peninjauan pemasok proses, input proses, langkah proses, output proses, dan pelanggan proses untuk memastikan bahwa mereka dipahami secara konsisten oleh karyawan yang menggunakan proses. Idenya adalah untuk meninjau efektivitas proses, dan untuk memastikan bahwa ketidaksesuaian tidak dapat disebabkan karena proses tersebut tidak memiliki dokumen tertulis yang menjelaskannya. Perlu ada penjelasan audit ISO 9001 dengan tujuan untuk menggunakan daftar periksa audit internal untuk ISO 9001 adalah untuk meninjau proses dan memastikan bahwa catatan proses memberikan bukti bahwa proses tersebut memenuhi persyaratannya. Hanya kedua, auditor mengajukan tindakan korektif untuk meminta pemilik proses mengoreksi contoh ketika proses tidak memenuhi persyaratan.

Sumber : https://advisera.com/9001academy/knowledgebase/iso-9001-audit-checklist/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.