Blog Details

Sertifikasi ISO untuk Usaha Travel

5 Menit Membaca–

Setiap bidang usaha memiliki sistem manajemen mutu sendiri untuk meningkatkan kualitas jasa atau produk yang dihasilkannya. Termasuk pelaku usaha di bidang jasa travel, juga dituntut harus mampu memberikan layanan terbaik kepada setiap konsumennya.

Memberikan kualitas pelayanan terbaik kepada konsumen perlu dilakukan untuk mampu berkompetisi di tengah ketatnya persaingan usaha jasa perjalanan travel dan umrah. Diantara usaha yang bisa dilakukan oleh pelaku usaha travel adalah dengan menerapkan Sitem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001.

 

Baca juga :

 

Menerapkan standar ISO ini membuat perusahaan Anda mampu memberikan layanan terbaik kepada konsumen karena telah mendapatkan pengakuan internasional, yang ditandai dengan adanya sertifikat ISO.

ISO untuk Perusahaan Travel

 

ISO untuk Perusahaan Travel

Perusahaan yang bergerak dalam jasa agen wisata atau travel juga memiliki suatu aturan untuk meningkatkan kualitas manajemen mutunya. Termasuk menerapkan ISO 9001 Sitem Manajemen Mutu (SMM) sebagai sistem yang diterapkan baik pada perusahaan agen wisata, biro haji, dan sejenisnya.

Sistem manajemen ISO 9001 sendiri bertjuan agar organisasi bisa mengelola proses, atau aktivitas bisnisnya, sehingga produk atau jasa memenuhi tujuan yang telah ditetapkannya sendiri, seperti memenuhi persyaratan kualitas pelanggan, sesuai dengan peraturan, atau tujuan perusahaan, dan memenuhi sasaran mutu.

Saat ini, sebenarnya belum banyak travel penyelenggara perjalanan ibadah haji ataupun umroh yang menerapakanĀ ISO 9001 untuk agen wisata/ travel.Ā Padahal, ISO 9001 tersebut sangat penting diterapkan agar menjamin tata kelola perusahaan yang baik, begitupula pelayannya terhadap konsumen.

Sebagai contoh, Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia merupakan salah satu pihak yang memperoleh Sertifikat Sistem Manajemen Mutu atau SMM ISO 9001 dalam hal penyelenggaraan haji dan umroh. Artinya, dalam pelaksanaan penyelenggaraan haji atau umroh telah sesuai dengan standar internasional.

Sebagai salah satu bentuk prestasi, banyak negara-negara lain yang menyampaikan keinginannya ditraining atau dilatih manajemen hajinya oleh Kemenag Indonesia, seperti negara Aljazair dan Rusia.

Tak puas hanya menerima penghargaan sertifikat ISO, proses penyelenggaraan haji dan umroh oleh Kemenag RI harus senantiasa ditingkatkan dan dievaluasi, sehingga meningkatkan kepuasan jamaah muslim pada musim haji diwaktu mendatang.

Pentingnya ISO Bagi Perusahaan Travel

 

Pentingnya ISO Bagi Perusahaan Travel

Mendapatkan sertifikat ISO sangat penting bagi perusahaan agen wisata atau travel. Meski saat ini baru ada beberapa agen travel yang mendaftarkan dirinya dalam sertifikat ISO, namun bukan berarti tidak memberikan hasil.

Berdasarkan perolehan ISO oleh agen-agen umroh menunjukkan adanya kemajuan prestasi dalam segi penyelenggaraan haji, baik berupa dukungan dari berbagai pihak maupun kinerja biro haji tersebut yang semakin jelas terukur.

ISO 9001 untuk agen wisata atau travel memiliki standar manajemen mutu setingkat internasional. Akibatnya, bisa dibayangkan bagaimana khidmatnya proses pengendalian bisnis yang dijalankan. Tak heran, karena untuk memulai penerapannya tidaklah mudah, bahkan memerlukan pelatihan terlebih dahulu.

Terlebih, perolehan ISO ini dianggap sebagai prestasi atau kebanggaan tersendiri karena telah mengantongi bukti peningkatan kepuasaan konsumen dan pelayanan yang memuaskan.

Standar ISO 9001 sendiri memberikan sejumlah manfaat kepada organisasi perusahaan. Berikut ini adalah manfaat penerapan ISO 9001 jika Anda menerapkannya di Perusahaan:

  1. Peningkatan kepercayaan pelanggan.
  2. Jaminan kualitas produk dan proses.
  3. Peningkatan produktivitas perusahaan.
  4. Peningkatan motivasi, moral dan kinerja karyawan.
  5. Sebagai alat analisa kompetitor perusahaan.
  6. Peningkatan hubungan saling menguntungkan dengan pemasok.
  7. Efisiensi biaya dan keamanan produk.
  8. Peningkatan komunikasi internal.
  9. Peningkatan citra positif perusahaan.
  10. Sistem terdokumentasi
  11. Media Pelatihan dan Pendidikan

Penerapan ISO Pada Biro Perjalanan Wisata Umroh

 

Penerapan ISO Pada Biro Perjalanan Wisata Umroh

ISO 9001:2015 untuk biro perjalanan wisata mengutamakan kepuasan konsumen di semua proses bisnisnya. Kepuasaan jamaah umroh adalah hal yang paling utama bagi biro perjalanan umroh menjalankan bisnisnya. Tidak hanya pada saat penerimaan pendaftaran jamaah umrah, melainkan keseluruhan dari proses di Indonesia, di tanah suci sampai dengan kembali lagi ke tanah air.

ISO 9001:2015 mewajibkan semua dokumentasi harus terpenuhi, dan dijalankan agar tercipta kepuasaan jamaah saat menjalankan ibadah umroh. Tidak hanya itu saja, yang berbasis analisa resiko, mengharuskan biro perjalanan umroh untuk menganalisa semua proses bisnis dari hulu ke hilir, misalnya saja analisa resiko ketika pemesanan tiket, booking hotel di Mekkah dan Madinah, sampai analisa resiko ketikaĀ Tour LeaderĀ danĀ Tour GuideĀ atau Muthawif membimbing para jamaah umrah menjalankan ibadahnya.

Pada dasarnya ada banyak dokumen yang harus disiapkan dan dijalankan agar kelancaran perjalanan ibadah umrah tercapai dengan baik. Efek sampingnya adalah kepuasaan para jamaah sehingga para jamaah juga mau merekomendasikan biro perjalnan umroh Annda kepada kenalan atau saudaranya.

Dokumen yang sesuai denganĀ ISO 9001:2015Ā mungkin saja terasa sedikit sulit, apalagi ketika biro perjalanan wisata umroh belum didukung oleh personil yang memiliki kompetensi yang cukup di bidang Sistem Manajemen.

Perusahaan Travel di Indonesia yang Menerapkan ISOĀ 

 

Perusahaan Travel di Indonesia yang Menerapkan ISOĀ 

Saat ini belum banyak perusahaan perjalanan wisata di Indonesia yang menerapkan ISO, namun ada sejumlah perusahaan yang telah mendapatkan sertifikat standar ISO ini. Berikut nama-nama perusahaan travel wisata di Indonesia yang telah mendapatkan sertifikat ISO, yaitu:

  1. Batemuri Tours (Jakarta)
  2. Nipindo Antar Wisata (Jakarta)
  3. Rameyza Wisata Jaya (Jawa Timur)
  4. Alfatihah (Jawa Timur)
  5. Tazkiyah Global Mandiri (Sulawesi Selatan)
  6. Bakkah Berkah Mulia (Jawa Timur)
  7. Jazirah Iman (Sulawesi Selatan)
  8. Rosana Biro Perjalanan Wisata (Jawa Timur)
  9. Dimas Brian Praktis Tour dan Travel (Jawa Timur)
  10. Kasturi Mandiri Wisata (Jakarta)

Adakalanya sejumlah perusahaan menyewa jasa konsultan untuk penerapan implementasi serta mendapatkan sertifikasiĀ ISO 9001:2015 sebagai nilai jual lebih biro perjalan wisata Anda.

Ketika Anda menyewa jasa konsultan, maka manfaatkan dengan sebaik baiknya untuk memperbaiki atau merubah sistem manajemen biro perjalanan Anda, agar dapat berjalan dengan sistem yang sebagaimana mestinya.

 

Selain itu pilihlah lembaga sertifikasi yang memang benar-benar terdaftar dan terpercaya, agar biro perjalanan wisata Annda mendapat kepercayaan lebih dari calon konsumen.

Selain menerapkan ISO 9001 Sistem Manajamen Mutu, biro perjalanan wisata juga bisa menerapkan sistem yang terintegrasi dengan ISO 27001 Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Perpaduan keduanya dapat membuat bisnis fokus pada kualitas dan keamanan informasi dengan satu sistem gabungan yang cerdas.

 

Baca juga :

 

Jika Anda ingin melakukan perbaikan terus-menerus di seluruh lini perusahaan dan membangun kepercayaan konsumen terhadap kualitas dan keamanan bisnis, sistem terintegrasi ini bisa menjadi solusi yang tepat.

ISO 9001Ā Ā danĀ Ā ISO 27001Ā Ā sangat kompatibel dan dapat membantu bisnis mempertahankan produk dan layanan berkualitas tinggi serta meyakinkan klien bahwa perusahaan memprioritaskan keamanan informasi.

Leave a Reply

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.