Kita mungkin pernah atau sering mendengar Sistem Manajemen Terpadu atau biasa dikenal dengan istilah Integrated Management System (IMS), yang biasanya diteruapkan di perusahaan-perusahaan yang memiliki komitmen besar terhadap sistem  pengelolaan kualitas produk dan layanan, lingkungan, K3, IT energi dan lain sebagainya. Pada kesempatan ini kita akan coba membuka wawasan tentang apa itu IMS dan bagaimana menerapkannya MS tersebut.

Dalam kehidupan bisnis global saat ini, kelangsungan bisnis dan keunggulan perusahaan dalam menjawab persaingan bergantung pada keterbukaan perusahaan tersebut terhadap pendekatan system manajemen yang seharusnya diterapkan untuk mendukung operasional dan bisnisnya, termasuk metode produksi dan perkembangan teknologi yang relevan. Saat ini, banyak sistem dan standar diterbitkan oleh ISO sebagai organisasi yang mengeluarkan standar sistem manajemen untuk dapat diterapkan di berbagai jenis yang sama. Misalnya, Sistem Manajemen Mutu ISO 9001, Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001, Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja ISO 45001, Sistem Manajemen Keamanan Informasi ISO 27001, Sistem Manajemen Keamanan Pangan ISO 22000, Sistem Manajemen Anti Penyuapan ISO 37001 dan banyak lagi system manajemen lainnya.

Namun, karena struktur standar masing-masing berbeda dan masing-masing memiliki persyaratan yang berbeda, penggunaan sistem ini bersama-sama di perusahaan biasanya menyebabkan kekurangan dan aplikasi yang salah. Untuk alasan ini, sistem manajemen terpadu adalah struktur holistik di mana sistem manajemen ini dikumpulkan di bawah satu atap dan persyaratan yang berbeda dipenuhi bersama.

Dalam sistem manajemen terpadu, sistem manajemen yang berbeda diaudit bersama pada waktu yang sama dan didokumentasikan jika dianggap sesuai. Dengan cara ini, tenaga, waktu dan tenaga yang akan digunakan untuk inspeksi individu disimpan. Selain itu, proses umum dari sistem manajemen ini tidak didokumentasikan secara terpisah.

Tujuan dari penerapan Sistem Manajemen Terpadu adalah:

  • Membantu organisasi atau perusahaan untuk dapat mengelola berbagai sistem manajemen yang diterapkan dalam satu sistem yang saling berhubungan dan tidak dikotak-kotakan
  • Memudahkan dalam pengelolaan berbagai sistem manajemen yang ada di perusahaan.

Dalam atmosfir industri yang makin kompetitif saat ini, bisnis harus berbuat lebih banyak untuk tetap menjadi yang terdepan. Untuk melindungi dan memastikan bisnisnya mencapai kesuksesan yang berkelanjutan, perusahaan harus selalu beroperasi sesuai dengan standar dan peraturan hukum yang berlaku. Integrated Management System (IMS) merupakan pilihan yang baik untuk dipertimbangkan agar perusahaan bisa menjaga kelangsungan bisnisnya dari berbagai aspek seperti aspek mutu, lingkungan, K3, keamanan informasi, energi dan lainnya.

Salam Improvement

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.