Blog Details

Bali Destinasi Wisata Terbaik Dunia, Komitmen Terapkan ISO 21401

Bali Destinasi Wisata Terbaik Dunia, Komitmen Terapkan ISO 21401

Rate this post

Menjadi tujuan wisata utama di Indonesia bukanlah hal yang baru bagi Pulau Dewata Bali, para turis baik lokal maupun mancanegara berbondong-bondong singgah untuk menikmati keindahan alam dan karakteristik budaya dari pulau dewata tersebut. Namun keindahan alam harus dikelola dengan baik agar terjadinya sustainability yang membuat akomodasi tempat wisata tersebut menjadi ideal dan berstandar internasional.

Standar Tempat Wisata Ideal

Umumnya para turis berkunjung pada destinasi alam seperti pantai, beberapa pantai populer di Bali seperti Pantai Kuta, Pantai Pandawa, Tanah Lot dan berbagai pantai hidden gem yang  tidak kalah indah yang tentu hampir menjadi tujuan utama para turis. Pura dan Kuil juga menjadi top choice wisata di Bali seperti Pura Ulun Danu Beratan, Pura Uluwatu dan lainnya. Tak lupa juga tempat menginap yang paling hits bagi para wisatawan yaitu Ubud yang menyediakan villa-villa yang berkonsep nature dan juga wisata sawah-sawah indah dan Monkey Forest yang terkenal yang menjadikan wisata berstandar internasional.

1.871 Usaha Pariwisata di Bali Sudah Dapat Sertifikat CHSE

Sempat dilanda pandemic Covid-19, ekonomi Bali sempat menurun akibat pariwisata adalah pijakan utama dalam pendapatan Bali. Namun, para tenant wisata Bali tidak menyerah dan tetap memiliki semangat dengan adanya dukungan dari Pemerintah Provinsi Bali dan Kemenparekraf yang memberikan sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) kepada 1.871 usaha pariwisata yang meliputi hotel, agen perjalanan, transportasi pariwisata, dan juga tempat wisata.

Pemberian sertifikasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) tersebut menjadi langkah utama untuk memperbaiki sektor ekonomi Bali yang berfokus pada pariwisata yang berstandar internasional yang diharapkan dapat mendatangkan para turis asing dengan protokol Covid-19 yang sesuai standar WHO..

Apa itu Standar ISO 21401?

ISO 21401, Pariwisata dan layanan terkait (Tourism and related services) adalah standar yang menetapkan persyaratan lingkungan, sosial dan ekonomi untuk mengaplikasikan sistem manajemen keberlanjutan dalam pembangunan akomodasi di sektor pariwisata.yang diterbitkan pada tahun 2018.

Dengan adanya ISO 21401 para penggerak wisata dapat memantapkan manajemen dan meningkatkan reputasi mereka dengan memberikan layanan berkualitas lebih baik kepada pelanggan dan meningkatkan hubungan dengan pemasok, karyawan, dan komunitas lokal. Penerapan tersebut bisa terlihat pada pemberian sertifikasi pada 1.871 usaha pariwisata di Bali yang memberikan kemajuan perusahaan wisata.

Kesimpulan

Tempat wisata yang bertaraf internasional tentu memiliki standar-standar tertentu yang membuatnya memiliki taraf tersebut, dapat dilihat dari tempat- tempat wisata pulau dewata yang berhasil memiliki tempat wisata yang digandrungi semua pihak dari berbagai negara. Hal itu tentu harus harus diselingi dengan sertifikasi yang memadai seperti ISO 21401 yang bergerak di kualitas layanan wisata.

 


Referensi:

Andrianto, R (2022).  Dua Tahun Pandemi, Ekonomi Bali Ngenes Sekali…  Diakses pada 22 Februari, 2023, dari Dua Tahun Pandemi, Ekonomi Bali Ngenes Sekali… (cnbcindonesia.com)

Bali Tours Club. Tujuan Tour Terpopuler di Bali. Diakses pada 22 Februari, 2023, dari https://www.balitoursclub.net/tujuan-tour-terpopuler-di-bali

Edwin, (2019). Standar Internasional baru untuk penyedia akomodasi ISO 21401. Diakses pada 22 Februari, 2023, dari https://isoindonesiacenter.com/standar-internasional-baru-untuk-penyedia-akomodasi-iso-21401/

Ramadhian, N (2021). 1.871 Usaha Pariwisata di Bali Sudah Dapat Sertifikat CHSE. Diakses pada 22 Februari, 2023, dari 1.871 Usaha Pariwisata di Bali Sudah Dapat Sertifikat CHSE (kompas.com)

Syahruli, A. (2021). MEMBANGUN TEMPAT WISATA BERSTANDAR INTERNASIONAL COCOK UNTUK STAYCATION. Diakses pada 22 Februari, 2023, dari MEMBANGUN TEMPAT WISATA BERSTANDARD INTERNASIONAL COCOK UNTUK STAYCATION – ICICERT

WQA APAC. (2019). ISO 21401 STANDAR INTERNASIONAL PARIWISATA & AKOMODASI. Diakses pada 22 Februari, 2023, dari ISO 21401 Standar Internasional Pariwisata & Akomodasi – WQA (wqa-apac.com)

 

 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.