Blog Details

Apa Saja yang Dipelajari di Training ISO 22301

Apa Saja yang Dipelajari di Training ISO 22301

Rate this post

15 Menit Membaca–

Standar ISO 22301 merupakan Sistem Manajemen Keberlangsungan Bisnis atau Business Continuity Management System (BCMS), yaitu pendekatan menyeluruh terhadap ketahanan organisasi yang memungkinkan organisasi untuk memperbarui, mengendalikan dan menerapkan rencana yang efektif, dengan mempertimbangkan kontingensi dan kemampuan organisasi, dan kebutuhan bisnis baik persyaratan produk atau layanan.

ISO 22301 ini diterbitkan pada tahun 2012 oleh badan standarisasi internasional ISO dan merupakan standar internasional pertama untuk sistem manajemen yang membantu memastikan kelangsungan bisnis.

ISO 22301 menentukan persyaratan untuk merencanakan, menetapkan, menerapkan, mengoperasikan, memantau, meninjau, memelihara dan terus memperbaiki sistem manajemen yang terdokumentasi untuk melindungi, mempersiapkan, merespons, serta mengurangi kemungkinan terjadinya insiden yang mengganggu serta memperbaikinya jika insiden terjadi.

Bagi Anda yang ingin menjadi auditor BCMS ISO 22301, kami menyediakan tiga jenis pelatihan atau training. Training ini memungkinkan peserta untuk mengembangkan keahlian yang diperlukan untuk mengaudit Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis (BCMS), dan mengelola tim auditor dengan menerapkan prinsip, prosedur, dan teknik audit yang diakui secara luas.

Lewat training, Anda bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan. Berikut ini 3 macam training yang bisa diikuti:

CQI & IRCA 22301 Lead Auditor 

 

CQI & IRCA 22301 Lead Auditor 

 

Pelatihan selama 5 hari

Pelanggan menginginkan organisasi untuk merencanakan dan mempersiapkan peristiwa yang tidak terduga. Melalui Business Continuity Management System (BCMS) yang efektif berdasarkan: ISO 22301, organisasi dapat membangun ketahanan dan kemampuan untuk tetap beroperasi ketika terjadi gangguan yang tidak terduga. Hal ini akan berdampak dengan meningkatkan kepercayaan pelanggan, terutama ketika efektivitas BCMS diverifikasi secara independen dan bersertifikat.

Untuk membuka potensi maksimal BCMS, organisasi Anda harus melakukan audit menyeluruh terhadap kerangka kerja. Tujuannya untuk memastikan bahwa kerangka tersebut terus kokoh dan berlaku dalam situasi krisis. Anda mungkin juga ingin mengetahui lebih lanjut tentang audit independen dan bagaimana cara kerjanya.

Kursus ini akan mengembangkan pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk memimpin audit BCMS, dengan penekanan pada prinsip dan praktik audit independen. Pelatihan akan dipimpin oleh seorang instruktur ahli, kemudian melaksanakan latihan praktis, kegiatan kelompok dan diskusi kelas akan digunakan untuk memandu Anda melalui seluruh proses audit, mulai dari perencanaan audit hingga pelaporan hasilnya. 

Kursus No A17456 Disertifikasi oleh IRCA:

Kursus ini terdaftar oleh International Register of Certified Auditor (IRCA) dan memenuhi sebagian persyaratan pelatihan bagi mereka yang ingin menjadi pemimpin auditor di bawah skema itu. Kursus ini berisi materi pra-kursus dan 2 jam ujian dengan buku tertutup pada hari ke 5.

Sertifikat kehadiran diberikan kepada semua peserta yang menyelesaikan kursus. Peserta yang lulus ujian akan mendapatkan pengakuan tambahan untuk pencapaian ini pada sertifikat mereka. 

CQI & IRCA 22301:

Business Continuity Management Systems (BCMS) Auditor/Lead Auditor Training Course– IRCA Certified Course (A17456)

Target Peserta

  1. Manajer dan konsultan kelangsungan bisnis.
  2. Risiko, keamanan informasi, manajer dan konsultan TI dan operasi
  3. Auditor yang ada yang ingin mengaudit ISO 22301.
  4. Mereka yang ingin meningkatkan kelangsungan usaha dengan audit secara mandiri.

Prasyarat untuk Training

  1. Pengetahuan tentang persyaratan ISO 22301.
  2. Pengetahuan tentang prinsip-prinsip manajemen kesinambungan bisnis beserta konsepnya:
  • Tujuan dan manfaat analisis dampak bisnis.
  • Prinsip-prinsip penilaian dan analisis risiko.
  • Strategi kontinuitas bisnis yang khas.
  • Opsi respons kelangsungan bisnis.
  • Metrik kinerja BCMS, pemantauan dan kinerja,  latihan pengukuran dan metodologi pengujian 

Manfaat Training

  1. Keahlian auditor utama ISO 22301 yang memenuhi syarat di organisasi Anda 
  2. Mampu melindungi dan memulihkan sistem bisnis penting selama terjadinya gangguan.
  3. Bersiap untuk hal-hal tak terduga secara efektif dengan mempertahankan kepatuhan kepada ISO 22301. 
  4. Membangun kepercayaan pelanggan melalui komitmen terhadap kelangsungan bisnis.

Garis Besar Kursus 

  1. Ruang lingkup, konsep dan persyaratan ISO 22301 
  2. Perencanaan dan memimpin audit ISO 22301 
  3. Kelola tim audit dan tingkatkan keterampilan menganalisis dan melaporkan 
  4. Tetap up-to-date dengan praktik terbaik kelangsungan bisnis.

 

 

BCM Awareness Berdasarkan ISO 22301

 

Pelatihan selama 2 Hari

Semua menyadari bahwa kondisi lingkungan tidak bisa dijamin 100 persen dalam keadaan normal dan kondusif. Ada kalanya terjadi rintangan di luar kendali seperti terjadinya bencana alam, terorisme sampai dengan kegagalan infrastruktur yang berisfat masif.

Untuk itu sudah saatnya organisasi atau perusahaan terutama yang mengelola obyek vital harus memiliki semacam “pedoman opersional saat terjadi kondisi di luar normal” yang saat ini dikenal dengan Business Contunity Plan (BCP) dengan pembangunan dan pengelolaannya disebut dengan Business Continuity Management System (BCMS).

Salah satu standar BCMS yang telah cukup banyak diadopsi di berbagai negara adalah ISO 22301 dengan versi pertama dan terbaru adalah versi 2012. Standar ISO 22301 ini adalah merupakan adopsi internasional dari standar BCMS yang sudah cukup lama beredar, yaitu BS 25999. Walaupun terhitung baru, namun standar ini cukup cepat menjadi populer karena kesederhanaannya serta kompatibilitasnya dengan standar-standar ISO lainnya, seperti ISO 27001, ISO 20000, ISO 9001 dan ISO 14001.

Training ini diperuntukkan bagi organisasi yang memiliki keinginan untuk menyusun dan mengimplementasian Business Continuity Management agar lebih accountable, efektif, efisien dan “headache free”. Framework yang dipilihkan adalah yang “fastest growing“, simple dan dapat diintegrasikan dengan existing management system, yaitu ISO 22301 dengan versi terbarunya, versi 2012. Training ini menjelaskan secara bertahap dari mulai aspek filosofi hingga ke aspek detail dan implementatif.

Tujuan Training

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan kesadaran atau awareness dan pembekalan kepada pihak-pihak yang diberi tanggung jawab atau terlibat dalam penyusunan Business Continuity Management (BCM).

Target Training

Pelatihan ini direkomendasikan untuk diikuti oleh BCM management representative (BCM Coordinator), Tim Business Continuity Plan (BCP)/Disaster Recovery Plan (DRP) /Emergency Response Plan (ERP).

Tingkat Kesulitan

Tingkat kesulitan pelatihan ini cukup rendah. Pelatihan dapat diikuti oleh para pemula dalam bidang continuity/contingency management, dan diharapkan telah memiliki pengalaman kerja setidaknya selama 2 tahun.

Agenda Pelatihan

  • Hari ke-1
  1. Pre-test
  2. Penjelasan filosofi Sistem Manajemen dan Sistem Manajemen Kelangsungan Bisnis
  3. Penjelasan persamaan dan perbedaan antara standar/framework BCMS ISO 22301 dan BS25999.
  4. Penjelasan persyaratan/klausula ISO 22301 

5.Penjelasan persyaratan/klausula ISO 22301 (lanjutan)

  1. Penjelasan dokumentasi yang disyaratkan oleh ISO 22301
  2. Penjelasan dan workshop Business Continuity Risk Assessment
  • Hari ke-2
  1. Penjelasan dan workshop Business Impact Analysis
  2. Penjelasan mengenai persyaratan dokumen berdasarkan klausula ISO 22301
  3. Penjelasan mengenai implementasi BCMS 
  4. Penjelasan Filosofi Audit BCM
  5. Penjelasan dan workshop pemrograman dan persiapan audit BCM
  6. Penjelasan dan workshop pelaksanaan dan pelaporan audit BCM
  7. Post-test

 

Auditor Internal ISO 22301:2019 

 

Auditor Internal ISO 22301:2019 

Pelatihan selama 2 hari

Penerapan BCMS dimaksudkan untuk membantu organisasi untuk terus meningkatkan kinerja kelangsungan bisnisnya, memenuhi persyaratan hukum dan lainnya, dan mencapai tujuan kelangsungan bisnisnya.

Program audit internal adalah salah satu dari 4 proses jaminan utama dalam BCMS yang efektif. Dengan mengikuti kursus ini, Anda akan mendapat manfaat dengan mempelajari dan mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit dengan berbagai tujuan, termasuk menilai kemampuan organisasi untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Kursus ini mengembangkan keterampilan yang diperlukan untuk menilai dan melaporkan penerapan dan efektivitas proses berdasarkan ISO 22301:2019. Menggunakan BCMS pada studi kasus, Anda akan belajar bagaimana memulai audit, menyiapkan dan melakukan kegiatan audit, menyusun dan mendistribusikan laporan audit, serta menyelesaikan kegiatan tindak lanjut. 

Baca juga :

 

Target Peserta

Kursus ini dirancang untuk siapa saja yang terlibat dalam audit yang bertugas untuk memelihara atau mengawasi ISO 22301:2019 BCMS.

Manfaat Training

  1. Mengenali persyaratan audit internal umum dari standar sistem manajemen yang Anda harapkan untuk dipatuhi. Ini akan mencakup arti dan maksud dari kriteria sertifikasi dan metodologi, teknik atau alat terkait 
  2. Mempersiapkan, melaksanakan dan menindaklanjuti kegiatan audit ISO 22301:2019
  3. Mengidentifikasi dan menerapkan persyaratan ISO.

Agenda Pelatihan

  • Hari ke-1 
  1. Menjelaskan manfaat bagi Anda, penyambutan dan perkenalan 
  2. Tujuan kursus, sasaran dan struktur, kuis ISO 22301 
  3. Ikhtisar komponen ISO 22301:2019 dan persyaratan untuk audit internal 
  4. Pedoman untuk mengaudit sistem manajemen ISO 19011
  5. Istilah dan definisi audit 
  6. Hasil yang diinginkan dari ISO 22301:2019 
  7. Penjelasan apa yang dimaksud dengan audit sistem manajemen 
  8. Merencanakan, melaksanakan, melaporkan, menutup 
  9. Proses audit, bukti dan kriteria 
  10. Prinsip audit dan tipe aktivitas audit 
  11. Program audit 
  12. Tujuan, ruang lingkup, dan kriteria audit 
  13. Tanggung jawab auditor 
  14. Memulai audit 
  15. Tinjauan dokumen, pengambilan sampel dan perencanaan audit 
  16. Persiapan dokumen kerja dan daftar periksa 
  17. Membuka pertemuan komunikasi dan perilaku pribadi 
  18. Memverifikasi informasi dan merekam fakta

Apa Saja yang Dipelajari di Training ISO 22301

  • Hari ke-2 
  1. Review kuis hari pertama 2.Menghasilkan audit hasil pemeriksaan simulasi audit
  2. Mendokumentasikan ketidaksesuaian 
  3. Menyiapkan kesimpulan audit 
  4. Melakukan rapat penutup 
  5. Laporan audit 
  6. Melakukan tindak lanjut audit 
  7. Kuis refleksi

Berdasarkan penjelasan di atas, Anda telah memahami tentang training bagi auditor ISO 22301. Anda bisa mengikuti training tersebut untuk menjadi auditor andal.

Raih kunci kesuksesan bisnis Anda bersama kami! Untuk informasi lengkap, Anda dapat menghubungi kami dengan cara klik link di sini.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.