Blog Details

Peran Penting Standar ISO Dalam Isu Ramah Lingkungan

Peran Penting Standar ISO Dalam Isu Ramah Lingkungan

Rate this post

Isu perubahan iklim dan kerusakan lingkungan telah menjadi perhatian dunia saat ini, untuk sama-sama bergerak agar bumi tetap sehat dan aman dari berbagai potensi kerusakan. Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan International Organization for Standardization atau ISO secara khusus mengeluarkan standar terkait lingkungan.

Sebab, seluruh pihak memiliki tanggung jawab dan peran untuk menjaga Bumi dari kerusakan, termasuk juga perusahaan/organisasi di seluruh bidang usaha. ISO kemudian menetapkan standar untuk membantu perusahaan dalam mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan yaitu ISO 14000.

 

Pengertian Standar ISO 14000

ISO 14000 adalah standar internasional tentang manajemen lingkungan dalam mendorong peningkatan efektivitas pengelolaan lingkungan sebuah perusahaan/organisasi. Terutama dalam membantu perusahaan mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan terhadap lingkungan.

ISO 14000 ini memuat berbagai isu persoalan lingkungan, mulai dari perangkat pengelolaan lingkungan, sistem manajemen lingkungan, kajian dasar lingkungan hidup, hingga audit lingkungan dan evaluasi kinerja lingkungan.

Selain itu, ISO 14000 ini juga termasuk standar iso series yang terdiri dari serangkaian standar lingkungan, diantaranya yaitu :

  • ISO 14001 tentang Standar Manajemen Lingkungan yang menjadi pedoman dalam membuat kerangka kerja terkait kinerja lingkungan. Terutama dalam meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan dan meningkatkan kinerja lingkungan secara komprehensif.
  • ISO 14006 tentang Manajemen Desain untuk Lingkungan yang dirancang untuk memperbaiki kinerja lingkungan produk dan layanan perusahaan melalui manajemen desain yang lebih baik.
  • ISO 14004 tentang standar implementasi ISO 14001 dengan memuat berbagai saran praktis untuk perusahaan dalam mengadopsi standar manajemen lingkungan ISO 14001.

Baca juga: Apa itu ISO 9001 dan ISO 14001?

 

Manfaat ISO 14000

ISO 14000 merupakan salah satu standar ISO paling penting di dunia, karena standar ini dibuat dari tindak lanjut Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Bumi pada 1992 di Brazil. Dimana seluruh negara sepakat untuk berkomitmen melindungi Bumi dari potensi kerusakan. Oleh sebab itu, ISO 14000 ini memiliki banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh perusahaan, antara lain:

  • Meningkatkan Kinerja Lingkungan

Standar ISO lingkungan akan membantu perusahaan dalam mengurangi dampak negatif  terhadap lingkungan. Serta membantu peningkatan kinerja lingkungan perusahaan yang lebih baik.

  • Meningkatkan Kepatuhan Peraturan¬†

Standar ISO lingkungan menitikberatkan kepada aturan-aturan atau regulasi hukum terkait keselamatan lingkungan. Sehingga akan membantu perusahaan untuk mematuhi segala peraturan dan undang-undang lingkungan yang berlaku.

  • Meningkatkan Citra Perusahaan

Komitmen perusahaan terhadap keberlangsungan lingkungan merupakan hal penting yang harus dijaga. Oleh sebab itu, perusahaan yang menerapkan standar ISO lingkungan akan mendapatkan citra yang lebih baik di mata publik.

  • Meningkatkan Efisiensi dan Efektivitas

Standar ISO lingkungan mengedepankan sistem yang berkelanjutan dalam membantu organisasi dan perusahaan. Khususnya dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi dengan berbasis keberlangsungan lingkungan.

  • Meningkatkan Akses Pasar Global¬†

Penerapan standar ISO 14000 akan membuka relasi dan akses perusahaan pada pasar global. Sebab, standar ISO ini berlaku secara internasional, sehingga membuka kemungkinan perusahaan untuk menjalin kerja sama dengan berbagai koneksi di sejumlah negara.

Penerapan Standar ISO 14000 merupakan salah satu wujud dari komitmen perusahaan atau organisasi dalam menjaga bumi dari kerusakan. Bagaimanapun, setiap pihak memiliki peran dan tanggung jawab untuk mewariskan Bumi yang aman dan sehat untuk generasi seterusnya.

iso 14001

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.