Dokumen ini memberikan panduan bagi organisasi tentang cara mengelola risiko yang timbul dari COVID-19 untuk melindungi kesehatan, keselamatan, dan kesejahteraan terkait pekerjaan. Dokumen ini berlaku untuk organisasi dari semua ukuran dan sektor, termasuk organisasi yang: a) telah beroperasi selama pandemi; b) melanjutkan atau berencana untuk melanjutkan operasi setelah penutupan penuh atau sebagian; c) menempati kembali tempat kerja yang telah ditutup seluruhnya atau sebagian; d) baru dan berencana untuk beroperasi untuk pertama kalinya. Dokumen ini juga memberikan panduan yang berkaitan dengan perlindungan semua jenis pekerja (misalnya pekerja yang dipekerjakan oleh organisasi, pekerja penyedia eksternal, kontraktor, wiraswasta, pekerja outsourcing, pekerja lanjut usia, pekerja dengan disabilitas dan responden pertama), dan pihak berkepentingan terkait lainnya (misalnya pengunjung ke tempat kerja, termasuk anggota masyarakat). Dokumen ini tidak dimaksudkan untuk memberikan panduan tentang bagaimana menerapkan protokol pengendalian infeksi tertentu di klinik, perawatan kesehatan dan pengaturan lainnya. CATATAN Undang-undang dan panduan yang berlaku disediakan oleh pemerintah, regulator dan otoritas kesehatan untuk pekerja dalam pengaturan ini atau dalam peran terkait.

Pandemi COVID-19 telah membuat tatanan dunia kerja dan pengusaha dihadapkan pada tantangan yang belum pernah terlihat sebelumnya. Menyadari perlunya panduan komprehensif namun umum untuk melindungi staf sambil terus berfungsi secara efektif, pakar kesehatan dan keselamatan kerja (K3) ISO dengan cepat mulai bekerja, memberikan hasil dalam waktu singkat.

Sementara Standar Internasional ISO rata-rata membutuhkan waktu tiga tahun untuk berkembang, ISO/PAS 45005 yang baru diterbitkan, Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja – Pedoman umum untuk bekerja dengan aman selama pandemi COVID-19, dikembangkan hanya dalam tiga bulan sebagai tanggapan atas urgensi situasi dan kebutuhan akan informasi tersebut sekarang.

ISO/PAS 45005 menyatukan praktik terbaik internasional tentang cara mengelola kesehatan dan keselamatan karyawan dan pemangku kepentingan selama pandemi COVID-19 dan dimaksudkan untuk melengkapi pedoman dan peraturan nasional yang ada.

Para ahli dari 26 negara bekerja tanpa lelah untuk menghasilkan pedoman dalam bentuk spesifikasi yang tersedia untuk umum (PAS), yang disetujui oleh 80 negara anggota komite teknis ISO untuk manajemen kesehatan dan keselamatan kerja. Format ini memungkinkan dokumen untuk kemudian diperbarui dalam bentuknya yang sekarang atau dikembangkan menjadi standar formal, tergantung pada perjalanan pandemi di masa depan dan munculnya informasi baru.

Sally Swingwood, Manajer komite yang mengembangkan dokumen tersebut, mengatakan bahwa dokumen tersebut memberikan rekomendasi praktis untuk mengelola risiko apa pun yang timbul dari COVID-19 dan berlaku terlepas dari lokasi atau status organisasi.

“Kami menyadari bahwa tidak setiap bisnis memiliki sumber daya manusia atau fungsi K3 yang berdedikasi,” katanya.

“Oleh karena itu, panduan ini praktis dan sesuai dengan ukuran mereka, dan terlepas dari pendekatan yang diambil untuk mengelola pandemi di yurisdiksi khusus mereka.”

ISO/PAS 45005 dikembangkan oleh komite teknis ISO ISO/TC 283, Manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, yang sekretariatnya dipegang oleh BSI, anggota ISO untuk Inggris. Itu dapat dibeli dari anggota ISO nasional Anda atau ISO Store. Ini juga telah tersedia secara bebas dalam format read-only di Situs Web ISO untuk mendukung upaya global dalam menangani krisis COVID-19.

 

Sumber : https://www.riskex.co.uk/iso-pas-45005
https://www.iso.org/standard/64286.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu
Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.