Blog Details

Perubahan ISO 19011:2018

Perubahan ISO 19011:2018

Rate this post

Gambaran Umum

ISO 19011 adalah standar internasional yang mengedepankan pedoman untuk mengaudit sistem manajemen. Standar ini berlaku untuk berbagai pengguna, termasuk, antara lain, organisasi yang perlu melakukan audit sistem manajemen internal dan / atau eksternal (MS) dan mengelola program audit. Standar ini mencakup prinsip-prinsip audit dan memberikan pendekatan harmonis yang lebih luas untuk audit sistem manajemen dan panduan komprehensif tentang bagaimana melakukan audit sistem manajemen. Meskipun pedoman ini dimaksudkan untuk menjadi fleksibel, pedoman ini harus disesuaikan dengan cakupan, kompleksitas dan skala program audit dan / atau organisasi yang akan diaudit. Sementara ISO / IEC 17021-1 menetapkan persyaratan bagi lembaga yang menyediakan audit dan sertifikasi sistem manajemen, ISO / IEC 17021-1 juga menetapkan pedoman tambahan tentang cara melakukan audit sistem manajemen. ISO 19011 pertama kali diterbitkan pada tahun 2002 dan digunakan sebagai pedoman untuk audit sistem manajemen mutu (ISO 9001) dan / atau lingkungan (ISO 14001). Jumlah standar sistem manajemen yang memiliki struktur umum dan definisi inti telah meningkat, bersama dengan kebutuhan untuk mempertimbangkan pendekatan yang lebih luas untuk audit sistem manajemen. Untuk mencerminkan struktur dan isi standar sistem manajemen baru, ISO 19011 telah diperbarui.

Perubahan – ISO 19011:2018:

Standar ISO 19011:2018 telah mengalami sejumlah perubahan. Perubahan dalam versi baru dari cover standar, antara lain, pembaruan dalam terminologi, penambahan 7 prinsip audit, perubahan minor di klausul 5 sampai 7, klausul dan sub-klausul yang baru ditambahkan, serta penambahan sejumlah bagian dalam Lampiran B (sekarang Lampiran A) dan penghapusan dari yang sebelumnya dikenal dengan Lampiran A.

Perubahan terminologi:

Bagian istilah dan definisi dalam ISO 19011: 2018, telah direvisi. Revisi ini mencakup penyertaan istilah dan definisi paling penting dari ISO 9000: 2015 seperti: audit, tim audit, sistem manajemen, dan risiko. Istilah ”documents” dan ”records” telah diganti dengan “documented information” dan “suppliers” telah diganti dengan “external providers”. Selain itu, istilah dan definisi baru telah dimasukkan dalam standar ISO 19011:2018, beberapa di antaranya telah tercantum dalam tabel di bawah ini:

Perubahan dalam prinsip audit:

Standar versi 2018 telah menempatkan, fokus yang ditingkatkan pada prinsip yang paling baru yang ditambahkan – pendekatan berbasis risiko (risk-based approach) – yang mempertimbangkan risiko dan peluang selama tahap perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan audit. Untuk memastikan bahwa audit difokuskan pada hal – hal yang penting bagi klien audit, dan untuk mencapai tujuan program audit, risiko perlu dipertimbangkan mulai dari desain program audit hingga masalah laporan audit. Penerapan pendekatan berbasis risiko dapat berfungsi sebagai alat untuk pencegahan risiko, dan optimalisasi efisiensi dan efektivitas proses audit dan hasilnya.

Prinsip ini telah terkait dengan keseluruhan struktur dokumen, khususnya Bagian 5 – Mengelola program audit, yang menunjukkan bahwa ketika menyiapkan program audit, pertimbangan moderat harus diberikan pada risiko dan peluang yang teridentifikasi, serta tindakan yang diambil untuk mengatasinya. Menurut versi standar baru, proses pengelolaan program audit adalah seperti yang digambarkan pada Gambar 1. Dibawah ini.

Perubahan pada klausul – klausul ISO 19011:2018:

Klausul (5, 6, & 7) ISO 19011:2018 telah mengalami beberapa penyesuaian, meskipun dalam skala kecil/minor. Standar ini telah mengalami pembaruan lainnya dan menambahkan informasi dalam Bagian 7, dengan menekankan kompetensi auditor untuk memastikan kompetensi keseluruhan dari tim audit sehubungan dengan masing-masing audit individu. Selain itu, mulai sekarang pemimpin tim audit diharapkan memiliki kompetensi untuk membahas masalah strategis dengan manajemen puncak.

Selain itu, standar versi baru telah memperkenalkan klausul berikut: • Klausul 6.4.5 Ketersediaan dan akses informasi audit;

Perubahan pada lampiran ISO 19011:2018:

Terdapat perluasan lampiran sejak penambahan bagian telah diwujudkan dalam Lampiran A, yang telah menempatkan pada pentingnya hasil kinerja, pendekatan proses, penilaian profesional, dampak organisasi terhadap tahapan siklus produk dan / atau layanan, dan risiko dan peluang audit. Penambahan lain dalam Lampiran A yang mungkin tidak lebih utama daripada yang lain, tetapi sama pentingnya, termasuk: audit rantai pasokan (supply chain audit), audit kepemimpinan dan komitmen, audit kepatuhan dalam sistem manajemen dan penggunaan TIK (teknologi informasi dan komunikasi) dalam proses audit. Menyusul perubahan dalam versi baru, Lampiran A yang sebelumnya dikenal sebagai “Bimbingan dan contoh ilustratif dari pengetahuan dan keterampilan khusus disiplin auditor” telah dihapus dari standar. Lampiran ini berisi contoh spesifik sektor pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk melakukan audit dalam jenis industri tertentu. Lampiran yang dulu dikenal Lampiran B, kini menjadi Lampiran A.

Penambahan utama dalam standar ISO 19011:2018 termasuk:

  • Istilah dan definisi yang diperbarui agar sejalan dengan definisi yang digunakan dalam standar lain;
  • Penambahan prinsip audit ke-7 – pendekatan berbasis risiko (risk-based approach);
  • Informasi tambahan tentang pengelolaan program audit, termasuk perencanaan audit, risiko program audit, pelaksanaan audit, penjabaran persyaratan kompetensi generik untuk auditor;
  • Perluasan Lampiran B (sekarang Lampiran A), termasuk bagian tambahan tentang pendekatan proses, lifecycle, penilaian profesional, risiko dan peluang audit, kepemimpinan audit dan komitmen penggunaan teknologi informasi dan komunikasi selama kegiatan virtual audit; dan penghapusan Lampiran A awal.

Titik fokus dari standar versi baru adalah pertimbangan teknologi yang berkembang dan peningkatan fokus pada risiko.”

Standar versi terbaru ini bertujuan untuk mengkonsolidasikan pedoman yang ada untuk membantu organisasi mengelola program audit yang sukses, memastikan peningkatan berkelanjutan dan memungkinkan audit yang efektif di berbagai sistem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.