Blog Details

sertifikasi iso 45001

Bagaimana Cara Mendapatkan Sertifikasi ISO 45001 ?

Rate this post


Mengapa
 sertifikasi ISO 45001 adalah ide yang bagus untuk organisasi Anda?

Tidak ada keraguan bahwa penerapan ISO 45001 membawa banyak manfaat bagi organisasi. Jumlah organisasi yang telah menerapkan OHSAS 18001 (pendahulu ISO 45001) sudah banyak dan masih terus bertambah. ISO 45001 membawa semua manfaat yang diberikan OHSAS 18001 dengan beberapa penambahan yang baru. Berikut beberapa diantaranya:

  • Meningkatkan citra dan kredibilitas. Dengan meyakinkan pelanggan bahwa Anda memiliki komitmen untuk membangun dan memelihara sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, Anda dapat meningkatkan citra dan pangsa pasar Anda dengan mengurangi jumlah insiden kesehatan dan keselamatan kerja (OH&S) di tempat kerja dan mengirim pesan yang jelas bahwa organisasi Anda mengurus para karyawan.
  • Meningkatkan kontrol biaya. Satu perbaikan yang dicari oleh semua organisasi adalah pengurangan biaya. Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (OHSMS) dapat membantu hal ini dengan mengurangi biaya asuransi dan meminimalisir insiden kesehatan dan keselamatan kerja yang dapat menyebabkan tuntutan hukum dan penurunan citra organisasi.
  • Pengambilan keputusan berbasis bukti. Dengan memastikan bahwa Anda menggunakan data yang akurat untuk membuat keputusan, Anda dapat meningkatkan peluang keberhasilan dan mengurangi risiko upaya yang gagal. Dengan menggunakan data untuk melacak kemajuan, Anda dapat menerapkan inisiatif perbaikan yang dapat menghemat biaya dan waktu.
  • Menciptakan budaya perbaikan berkelanjutan. Dengan peningkatan berkelanjutan, Anda dapat bekerja menuju proses yang lebih baik dan mengurangi bahaya kesehatan dan keselamatan kerja dengan cara yang sistematis. Ketika budaya perbaikan diciptakan, orang selalu mencari cara untuk membuat proses mereka lebih baik, yang membuat pemeliharaan OHSMS lebih mudah.
  • Melibatkan orang-orang (karyawan). Jika harus memilih antara bekerja untuk perusahaan yang menunjukkan kepedulian terhadap kesehatan dan keselamatan kerja atau yang tidak, kebanyakan orang akan memilih pilihan pertama. Dengan melibatkan karyawan dalam penerapan manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, Anda dapat meningkatkan fokus dan retensi mereka.

Selain manfaat yang disebutkan di atas, transisi dari OHSAS 18001 ke ISO 45001 membawa:

  • kejelasan lebih lanjut tentang masalah OHSMS
  • meningkatkan keterlibatan kepemimpinan dan partisipasi pekerja di OHSMS
  • pemikiran berbasis risiko untuk OHSMS
  • penyelarasan kebijakan dan tujuan Kesehatan dan Keselamatan Kerjadengan arah strategis organisasi
  • integrasi OHSMS ke dalam proses bisnis organisasi
  • bahasa yang disederhanakan, struktur umum dan istilah.

Apa langkah-langkah praktis untuk menjadi organisasi bersertifikat ISO 45001 ?

Apa artinya sertifikasi ISO 45001? Jawaban atas pertanyaan ini tergantung pada jenis sertifikat yang ingin Anda capai. Organisasi dapat memperoleh sertifikasi atas Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja mereka dengan disertifikasi oleh badan sertifikasi. Sementara individu dapat memperoleh sertifikasi perorangan, misalnya, sebagai auditor internal dan lead auditor ISO 45001.

Untuk mendapatkan sertifikasi, organisasi perlu menerapkan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja sesuai dengan persyaratan ISO 45001. Setelah sistem berjalan organisasi dapat menggunakan jasa badan sertifikasi untuk melakukan audit sertifikasi untuk menentukan apakah organisasi telah mematuhi standar. Setelah audit yang berhasil, mereka akan memberikan sertifikat yang membuktikan kepatuhan organisasi terhadap persyaratan standar.

Menerapkan standar ISO 45001 adalah tugas yang menantang dan langkah pertama adalah mendapatkan dukungan manajemen untuk upaya tersebut. Dengan keikutsertaan manajemen puncak, Anda dapat mulai mengidentifikasi persyaratan hukum mengenai kesehatan dan keselamatan kerja, menentukan ruang lingkup, kebijakan dan sasaran, mengidentifikasi risiko, peluang dan bahaya serta menentukan pengendalian operasional. Ada beberapa proses wajib yang perlu dimasukkan, dan proses lainnya harus ditambahkan jika organisasi menganggapnya perlu.

Sebagai bagian dari menjamin konsistensi OHSMS, Anda perlu mendokumentasikan banyak prosedur dan kebijakan serta mengomunikasikan kepada karyawan apa yang Anda harapkan dari mereka sehubungan dengan OHSMS. Dokumen-dokumen dapat dibuat secara internal, atau Anda dapat mencari bantuan eksternal dalam bentuk template dokumentasi atau konsultan.

Setelah organisasi menetapkan proses dan informasi yang perlu didokumentasikan, sistem akan perlu beroperasi selama beberapa waktu untuk menentukan apakah sistem sudah diatur dengan benar dan apakah beberapa perubahan diperlukan. Dengan mengoperasikan OHSMS, organisasi akan menghasilkan catatan yang akan menunjukkan bahwa kegiatan dilakukan sesuai rencana. Catatan ini diperlukan untuk mengaudit dan meninjau sistem Anda dan untuk memperoleh sertifikasi.

Langkah wajib untuk menyelesaikan implementasi dan mendapatkan sertifikasi perusahaan Anda

Mendokumentasikan dan menerapkan OHSMS belum cukup untuk sertifikasi. Anda juga harus yakin bahwa kegiatan tersebut telah efektif dan sesuai dengan standar. Langkah-langkah berikut dimaksudkan untuk memastikan hal ini dan menyiapkan organisasi Anda untuk audit sertifikasi:

Audit internal – Tujuan audit internal adalah untuk menentukan tingkat kepatuhan OHSMS Anda dengan persyaratan standar. Selama audit, auditor internal akan meninjau dokumen, catatan, dan proses untuk mengidentifikasi kelemahan dan memberikan informasi tentang ketidaksesuaian.

Tinjauan manajemen – Ini adalah tinjauan terakhir atas efektivitas OHSMS Anda, manajemen puncak perlu meninjau informasi tentang kinerja, hasil audit internal, pencapaian tujuan dan perubahan dalam konteks organisasi. Semua informasi ini akan memungkinkan manajemen puncak untuk membuat keputusan tentang cara meningkatkan OHSMS yang ada.

Tindakan korektif – Baik audit internal dan tinjauan manajemen memberi Anda informasi tentang apa yang perlu diubah, diperbaiki, dan ditingkatkan. Tindakan korektif ini adalah alat terbaik untuk menangani ketidaksesuaian. Tindakan korektif dilakukan untuk mencapai kepatuhan penuh dengan standar.

Proses sertifikasi organisasi dibagi menjadi dua tahap:

Tahap Satu (tinjauan dokumentasi). Ini adalah tahap awal audit; auditor akan meninjau dokumen OHSMS Anda untuk mengenal organisasi Anda dan prosesnya sebelum audit utama serta untuk memastikan dokumen Anda sesuai dengan persyaratan ISO 45001.

Tahap Dua (audit utama). Audit utama adalah bagian terpenting dari audit sertifikasi. Selama fase ini, auditor sertifikasi akan melakukan wawancara dengan manajemen puncak dan karyawan serta mengamati proses Anda. Tujuan mereka adalah untuk menentukan kepatuhan OHSMS Anda, tidak hanya terhadap persyaratan standar, tetapi juga terhadap konten dokumen Anda yang telah diperiksa selama tahap pertama.

Apakah pelatihan dan sertifikasi ISO 45001 tersedia untuk Anda sebagai seorang individu?

Lead Auditor Course ISO 45001. Pelatihan ini membutuhkan waktu lima hari dan memberi Anda pengetahuan dan pemahaman tentang persyaratan ISO 45001 serta teknik audit, catatan pengambilan sampel dan mendapatkan bukti selama audit. Pelatihan ini bisa memungkinkan Anda untuk melakukan audit sertifikasi atas nama lembaga sertifikasi.

Training Internal Auditor ISO 45001. Pelatihan ini biasanya memakan waktu dua atau tiga hari. Pelatihan ini merupakan yang paling sesuai untuk orang yang ingin melakukan audit internal dalam organisasi mereka sendiri.

Training Awareness and Implementation ISO 45001. Pelatihan ini memberikan pengetahuan tentang ISO 45001 dan bagaimana menerapkannya. Pelatihan jenis ini dapat bervariasi dalam panjang dan jumlah informasi yang disediakan. Dapat berlangsung dari satu hingga lima hari dan mencakup berbagai materi pembelajaran dan metode pengajaran materi. Pelatihan seperti ini adalah yang paling bermanfaat bagi orang yang ingin mendapatkan gambaran umum ISO 450001, atau mereka yang akan terlibat dalam implementasi atau pemeliharaan OHSMS dalam suatu organisasi. Pelatihan semacam ini bisa lebih efektif dari segi biaya dibandingkan berinvestasi dalam Lead Auditor Course bagi mereka yang hanya terlibat di level ini.

Sumber : advisera.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Subscribe our newsletter

Open chat
Hallo,
Silahkan tinggalkan pesan Anda disini.